Jumat, 16 Juli 2010

Melacak & Mengetahui Pencuri Lewat Aplikasi Ponsel berbasis Java

Melacak & Mengetahui Pencuri Lewat Aplikasi Ponsel berbasis Java


Banyak cara bisa dilakukan ketika ponsel dicuri atau hilang. Berteriak saja sekuat suara. Jika beruntung, sang pencuri bakal melepaskan ponsel rampasannya.
Namun jika terlanjur tak diketahui siapa pencurinya, anda bisa melacak keberadaan si pencuri beserta barang bukti ponsel yang raib.


Ada beragam aplikasi untuk tujuan ini, bahkan beberapa ponsel keluaran Samsung disertakan fiture 'Mobile Tracker' dengan kemampuan serupa. Sayangnya aplikasi yang beredar kebanyakan untuk ponsel bersistem operasi Symbian.

'mGuard Theft Recovery' adalah aplikasi yang dikembangkan Dex Mobile mampu menginformasikan nomor telepon si pencuri via SMS, tanpa perlu mengaktifkan GPRS, tidak juga mengandalkan teknologi GPS (Global Positioning System).

Aplikasi ini pun bisa merestart ponsel secara otomatis. Hampir semua ponsel berbasis Java (J2ME, JavaME, MIDP 2.0 ke bawah) bisa mengoperasikannya. Asyiknya lagi, mGuard merupakan aplikasi freeware alias gratis.

Beberapa langkah penggunaan :
Langkah 1 Download aplikasi 'mGuard Theaft Recovery' dari http://www.dexmobile.com/ mguard_se.aspx atau bisa lewat browser ponsel, masuk ke wap.GetJar.com > Quick Download > masukan kode 20752. Selanjutnya install ke ponsel.
Langkah 2 Jalankan aplikasi 'mGuard'. Anda akan mendapatkan dua pilihan menu, 'mGuardSetting' dan 'mGuardStartup'. Lakukan pengaturan dengan mengklik menu pertama, di sini Anda diminta untuk memasukkan kode 'unlock'. Untuk mendapatkan kode ini, masuk kembali ke situs www.dexmobile.com/mguard_se.aspx dan pilih 'Register'. Isikan data yang diperlukan, dan anda akan dikirimi kode unlock-nya via email.

Langkah 3
Setelah kode unlock terkonfirmasi, isikan nomor telepon yang anda gunakan. Pilih 'Yes' di setiap notifikasi yang muncul, dan aplikasi ini akan memverifikasi ulang data.

Langkah 4
Isikan nomor telepon alternatif, yang ditujukan sebagai receiver atau penerima pesan bila mana ponsel anda hilang.

Langkah 5
Ketik pesan apa yang akan anda sampaikan untuk meminta tolong. Misalnya, 'Tolong hp saya di curi' atau sebagainya. Sebagai proteksi, masukkan password khusus. Jadi ketika ponsel hilang, hanya anda yang bisa mengaktifkan aplikasi ini.

Langkah 6
Untuk informasi pelacakan atau ketika ponsel disisipi kartu SIM berbeda, anda bisa memilih pengiriman pesan setiap saat ponsel dihidupkan (Every Bootup) atau sehari sekali (Daily Once). Selanjutnya keluar dari menu setting.

Langkah 7 Kembali ke menu utama aplikasi, selanjutnya pilih menu 'mGuardStartup' untuk mulai mengaktifkan aplikasi pengamanan ini.

Catatan : Pastikan anda mengaktifkan (enable) Messaging dan autostart setelah proses instalasi.

1 komentar: